- Tujuan, motivasi, teknik dan tahap-tahap melakukan akuisisi;
Tujuan Akuisisi
Adapun tujuan akuisisi yaitu:
Untuk menambah sinergi dari perusahaan yang bergabung kepemilikannya akibat akuisisi.
Untuk memperluas pangsa pasar bagi produk.
Untuk melindungi pasar
Untuk mengakusisi produk
Untuk memperkuat bisnis inti
Untuk mendapatkan dasar berpihak di luar negeri atau untuk mengembangkan perusahaan ke luar negeri.
Motivasi Melakukan Merger dan Akuisisi
Menurut Moin (Muhammad Aji, 2010), pada prinsipnya terdapat dua motif yang mendorong sebuah perusahaan melakukan merger dan akuisisi,
yaitu motif ekonomi dan motif non-ekonomi. Motif ekonomi berkaitan dengan esensi tujuan perusahaan yaitu meningkatkan nilai perusahaan
atau memaksimumkan kemakmuran pemegang saham. Di sisi lain, motif non-ekonomi adalah motif yang bukan didasarkan pada esensi tujuan perusahaan tersebut,
tetapi didasarkan pada keinginan subyektif atau ambisi pribadi pemilik.
Kedua motif tersebut akan dijelaskan lebih lanjut di bawah ini:
- Motif Ekonomi
Esensi dari tujuan perusahaan, jika ditinjau dari perpektif manajemen keuangan, adalah seberapa besar perusahaan mampu menciptakan nilai (value creation)
bagi perusahaan dan bagi pemegang saham. Merger dan akuisisi memiliki motif ekonomi yang tujuan jangka panjangnya
adalah mencapai peningkatan nilai tersebut. Oleh karena itu seluruh aktivitas dan keputusan yang diambil
oleh perusahaan harus diarahkan mencapai tujuan ini.
Implentasi program yang dilakukan oleh perusahaan harus melalui langkah-langkah konkrit misalnya melalui efisiensi produksi,
peningkatan penjualan, pemberdayaan dan peningkatan produktivitas sumber daya manusia.
Disamping itu menurut Moin (Muhammad Aji, 2010), motif ekonomi merger dan akuisisi yang lain meliputi:
Mengurangi waktu, biaya dan risiko kegalalan memasuki pasar baru.
Mengakses reputasi teknologi, produk dan merk dagang.
Memeroleh individu-individu sumber daya manusia yang profesional.
Membangun kekuatan pasar.
Memperluas pangsa pasar.
Mengurangi persaingan.
Mendiversifikasi lini produk.
Mempercepat pertumbuhan.
Menstabilkan cash flow dan keuntungan.
Blog ini Tentang Sistem Informasi mengetahuan Perkembangan Sistem yang ada, Terhubung dengan Teknik Informasi , Komunikasi ,Jaringan ,Perangkat,Aplikasi, Website, Akuntansi , Program , Management dan Organisasi. Sebagai Bahan Pembelajaran atau jawaban untuk Pengetahuan Wawasan Yang Luas dan sebagai Seorang Yang Berintelektual. Marilah Membaca Walaupun Sedikit demi Sedikit agar kita Mudah Ditempatkan Kerja Dimana Saja. Lakukan Tindakan Untuk membaca.
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar