1. Pengertian dan Peran Multimedia Pada PC.
2. Komponen Multimedia Pada PC lengkapi dengan gambar
3. Elemen-elemen Multimedia
4. Definisi Virtual reality (VR) atau realitas maya
1. Multimedia adalah penggunaan komputer
untuk menyajikan dan menggabungkan teks, suara, gambar, animasi dan video
dengan alat bantu (tool) dan koneksi (link) sehingga pengguna dapat
bernavigasi, berinteraksi, berkarya dan berkomunikasi. Multimedia dimanfaatkan
juga dalam dunia pendidikan dan bisnis. multimedia digunakan sebagai media profil
perusahaan, profil produk, bahkan sebagai media kios informasi dan pelatihan
dalam sistem e-learning.
Peran Multimedia juga menjembatani
dan menjangkau masyarakat yang sedikit sukar dalam penerimaan terhadap
bentuk penyampaian standard komputer kedalam bentuk yang lebih mudah dapat
diterima dan mudah digunakan. Pada bagian ini dijelaskan penggunaan multimedia
didalam lingkup rumah tangga, pendidikan, tempat umum dan lingkup usaha /
bisnis.
2. 1. Unit Masukan (Input Unit/Input
Device)
Input Unit adalah peranti tempat untuk memasukkan data dan
program yang akan diproses di dalam komputer multimedia. Fungsi input unit
adalah:
- Tempat
untuk memasukkan data dan program yang akan diproses.
- Menerjemahkan
kode-kode yang dikenal oleh media input ke dalam kode-kode yang dikenal
komputer multimedia (diubah menjadi binary digit/bit).
- Mengirimkan
data yang sudah berbentuk bit-bit ini ke dalam storage.
Untuk memasukkan data ke dalam komputer multimedia dilakukan
dengan menggunakan sepuluh cara: melalui keyboard, alat penunjuk (point
device), alat pembaca optis atau magnetis, alat pembaca suara, sistem
vision-input, kamera digital, scanner, camcorder, snappy dan kamera web.
2. Unit Keluaran
(Output Unit/Output Device)
Output device adalah piranti tempat mengeluarkan hasil proses
komputer multimedia. Fungsi dari Output Device:
- Tempat
keluarnya hasil proses.
- Menerjemahkan
bit-bit ke dalam kode yang dikenal media output.
Pada komputer multimedia, Unit Output dapat berbentuk tampilan,
cetakan, grafik, suara, video, dan animasi.
3. Alat Input
dan Output
3.1. Terminal
Terminal merupakan alat yang dapat berfungsi sebagai alat input
dan output. Terminal dapat dikelompokkan dalam dua fungsi, yaitu terminal yang
berfungsi umum dan terminal yang berfungsi khusus. Terminal yang berfungsi umum
antara lain Video Display Terminal (VDT), Dumb Terminal, X Terminal, dan
Telephone. Sedangkan terminal yang berfungsi khusus antara lain Automatic
Teller Machine (ATM) dan Point Of Sale (POS).
3.2. Alat Input dan
Output Audio
Alat Input dan Output Audio terdiri dari Audio add-on card dan MIDIinterface.
Audio add-on card adalah Audio card yang disisipkan pada motherboard PC atau
Mac. Suatu sistem multimedia biasanya mengandung Audio add-on card yang
menyediakan kemampuan input dan output. Audio add-on card juga dapat mengambil
input analog, misalnya mikrofon dan kemudian dibuat digital serta dapat
disimpan. Audio yang telah berbentuk digital dapat dimanipulasi, diedit dan digabungkan
dengan aplikasi multimedia.
3.3. Alat Input dan
Output Video
Alat input dan output video dapat berupa Video add-on card.
Video capture card merupakan Video add-on card yang disisipkan pada motherboard
PC dan Mac. Video add-on card juga dapat mengambil input analog, misalnya
kamera video analog dan kemudian dibuat digital serta dapat disimpan. Video
yang telah berbentuk digital dapat dimanipulasi, diedit dan digabungkan dengan
aplikasi multimedia. Output dari video capture card ini dapat di pita, di CD
dan DVD serta di web.
4. Penyimpanan
(Storage/Memory)
Storage atau memory dapat dibedakan menjadi 2 bagian, yaitu
Internal Storage dan External Storage.
4.1. Penyimpanan
Internal (Internal Storage/Primary Memory)
Internal Storage merupakan storage yang berhubungan langsung
dengan Central Processing Unit (CPU). Internal Storage pada komputer pertama
menggunakan magnetic core dan magnetic drum, merupakan potongan-potongan
material logam kecil berbentuk donat seukuran kepala jarum dan mudah diberi magnet
serta kawat-kawat yang membentang melalui core mengubah medan magnet
dan menentukan status magnetiknya. Mulai tahun 1964, drum dan core digantikan
dengan integrated circuit (chip).
4.2. Penyimpanan
Eksternal (External Storage/External Memory)
External storage adalah storage yang tidak berhubungan langsung
dengan CPU. External Storage dapat menyimpan data secara tetap. Misalnya suatu
komputer mempunyai kemampuan untuk menyimpan data 32 MB dan dalam suatu file
data materi multimedia memerlukan 100 MB penyimpanan data, maka hal ini
diperlukan External Storage untuk mengatasinya.
Jenis External Storage yang utama adalah penyimpanan berurutan
(sequential storage) dan penyimpanan akses langsung (random/direct storage).
Teknologi External Storage terdiri dari Magnetic Disk, Magnetic Tape dan
Optical Laser Disk.
5. Central
Processing Unit (CPU) Processor
CPU merupakan jantung komputer, karena CPU merupakan pusat
kendali dari sistem komputer. CPU disebut juga dengan Prosessor (Processor).
CPU berfungsi untuk:
- Memberikan
Address Data dan Program.
- Memasukkan
dan Mengambil Data.
- Memproses
Data secara Arithmatic dan Logical.
- Melaksanakan
instruksi-instruksi secara berturut-turut.
5.1. Arithmetic and
Logic Unit (ALU)
Arithmetic and Logic Unit (ALU) melaksanakan seluruh perhitungan
(penambahan, pengurangan, perkalian, pembagian) dan operasi logika. Hasil dari
operasi tersebut diletakkan dalam register yang disebut accumulator.
ALU berfungsi melakukan operasi arithmatic dan logic yang
terbagi 4 kelas, yaitu decimal arithmetic, fixed point arithmetic, floating
point arithmetic dan logic operation.
5.2. Control Unit (CU)
Control Unit merupakan bagian dari CPU, yang berfungsi sebagai:
- membaca
dan mengintepretasikan instruksi-instruksi program.
- melangsungkan
operasi komponen-komponen processor internal.
- mengendalikan
aliran program dan data ke dalam dan ke luar RAM.
5.3. Bus
Bus adalah jalur yang dilewati processor saat mengirim/menerima
data dan perintah ke/dari primary storage dan secondary storage dan seluruh
peralatan peripheral Input/Output.
5.4. Klasifikasi
Processor
Kebanyakan komputer PC atau mainframe mempunyai rancangan
prosessor CISC (Complex Instruction Set Computer). Bahasa mesin prosessor CISC
memberikan variasi instruksi yang luas kepada programmer. CISC merefleksikan
evolusi peningkatan bahasa mesin yang canggih. Sedangkan prosesor yang
dirancang dengan sekelompok instruksi yang lebih kecil yang dapat meningkatkan
kualitas output untuk aplikasi, khususnya melibatkan grafik akan mempunyai RISC
(Reduced Instruction Set Computer).
Parallel Processing (Pengolahan Paralel) adalah konsep yang
menggunakan lebih dari satu (multipel) prosesor dalam komputer yang sama. Dalam
pengolahan paralel, satu prosesor utama memeriksa masalah pemrograman, dan
seberapa besar porsinya, jika ada masalah dapat dipecahkan dalam
potongan-potongan.
5.5. Motherboard
Motherboard merupakan board sirkuit utama dari mikrokomputer.
Motherboard mengandung konektor untuk menempelkan board-board tambahan lainnya
dan mengandung CPU, BIOS, memori, mass storage, interface, port serial dan
parallel, slot ekspansi, dan semua konektor yang dibutuhkan untuk mengontrol
peralatan periperal standar, misalnya monitor, keyboard, dan disk drive.
6. Perangkat
Keras Komunikasi
Perangkat keras komunikasi terdiri dari terminal, cluster
control unit, modem, multiplexer, saluran, front end processor dan host
3.Elemen-elemen Multimedia
·
Teks
Hampir semua orang yang dapat
menggunakan komputer sudah terbiasa dengan teks. Teks merupakan dasar dari
pengelohan kata dan informasi yang berbasis multimedia. Dalam kenyataannya,
multimedia menyajikan informasi kepada audiens dengan cepat, karena tidak
diperlukan membaca secara rinci dan teliti.
·
Grafik
Secara umum. grafik berarti
gambar atau garis (line drawing). Manusia
sangat berorientasi pada visual (visual oriented), dan gambar merupakan sarana yang
sangat baik untuk menyajikan informasi. Grafik merupakan komponen penting dalam
multimedia.
·
Image
Secara umum image berarti gambar
atau raster (halfone drawing), seperti
foto. Basis data karyawan dengan atribut seperti nama, alamat dan lainnya lebih
efektif bila foto karyawan yang bersangkutan dapat ditampilkan. Demikian juga
foto‑foto seperti gedung dan lain – lain sangat memerlukan penyimpanan yang
besar. Hal inilah yang menyebabkan aplikasi multimedia disimpan dalam
penyimpanan yang cukup besar kapasitasnya seperti CD‑Room.
·
Animasi
Animasi berarti gerakan image
atau video, contohnya gerakan orang yang melakukan suatu kegiatan. Konsep dari
animasi adalah sulitnya menggambarkan
informasi dengan satu gambar saja, atau sekumpulan
gambar, juga tidak dapat menggunakan teks untuk menerangkan informasi. Arsip
animasi memerlukan penyimpanan yang j auh lebih besar dari pada satu gambar.
·
Suara
Suara dapat lebih memperjelas
pengertian yang ditampilkan dalam teks dan video. Contohnya, narasi merupakan
kelengkapan dari penjelasan yang dilihat melalui video. Suara dapat memberikan
lebih menjelaskan karakteristik suatu gambar, misalnya musik dan suara efek
(sound effect).
·
Interaktive Link
Sebagian dari multimedia adalah
interaktif, dimana pengguna dapat menekan mouse atau objek pada screen seperti
button atau teks dan menyebabkan program melakukan perintah tertentu.
Interaktif link dengan informasi
yang dihubungkannya sering kali dihubungkan secara keseluruhan sebagai
hypermedia. Secara
spesifik, dalam hal ini termasuk hypertext (hotword), hypergraphics dan
hypersoundmenjelaskan jenis informasi yang dihubungkan.
Interaktif link diperlukan jika
pengguna, menunjuk pada suatu objek atau button agar dapat mengakses program
tertentu. Interaktif link diperlukan untuk menggabungkan beberapa elemen
multimedia sehingga menjadi informasi yang terpadu. Cara pengaksesan informasi
pada multimedia terdapat dua macam yaitu linier dan non‑linier. Informasi
linier adalah informasi yang ditampilkan secara sekuensial, yaitu dari atas ke
bawah atau halaman demi halaman. Sedangkan pada informasi non‑linier informasi
dapat ditampilkan langsung sesuai dengan kehendak pengguna.
4.Virtual reality (VR) atau realitas maya adalah teknologi yang membuat pengguna dapat berinteraksi dengan suatulingkungan yang disimulasikan oleh komputer (computer-simulated environment), suatu
lingkungan sebenarnya yang ditiru atau benar-benar suatu lingkungan yang hanya
ada dalam imaginasi.
Lingkungan realitas maya terkini umumnya menyajikanpengalaman visual, yang ditampilkan
pada sebuah layar komputer atau melalui sebuah penampil stereokopik, tetapi beberapa simulasi mengikutsertakan tambahan informasi hasil pengindraan,
seperti suara melalui speaker atau headphone.
Defenisi Virtual reality(VR)
– Virtual –
Memberikan
pengalaman, tapi tidak secara nyata
– Reality –
Keadaan
atau kualitas menjadi nyata. Sesuatu yang ada tanpa bergantung pada
hal-hal yang berhubungan dengan nya. Sesuatu yang membentuk
hal yang nyata / aktual
- Virtual Reality
-
Program
informasi “immersive” (atau area yang luas), multi-sensory, yang di-generate
melalui komputer, yang men-track pengguna secara real time
Virtual reality (VR) atau realitas maya adalah
teknologi yang membuat pengguna dapat berinteraksi dengan suatu lingkungan yang
disimulasikan oleh komputer (computer-simulated environment), suatu lingkungan
sebenarnya yang ditiru dari suatu lingkungan yang hanya ada dalam imaginasi.
Sebuah simulasi komputer realitas, menggunakan
grafis 3D dan efek suara, dengan antarmuka pengguna seperti kacamata khusus dan
sarung tangan, untuk menciptakan lingkungan manusia hidup untuk hiburan,
eksperimentasi, dan pelatihan
Teknologi ini memungkinkan seseorang melakukan suatu simulasi terhadap
suatu objek nyata dengan menggunakan komputer yang mampu membangkitkan suasana
tiga dimensi sehingga membuat pemakai seolah-olah terlibat secara fisik.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar