Rabu, 03 Januari 2018

Pengertian dan Peran Multimedia Pada PC Tentang Multimedia

1. Pengertian dan Peran Multimedia Pada PC.
2. Komponen Multimedia Pada PC lengkapi dengan gambar
3. Elemen-elemen Multimedia
4. Definisi Virtual reality (VR) atau realitas maya


1.         Multimedia adalah penggunaan komputer untuk menyajikan dan menggabungkan teks, suara, gambar, animasi dan video dengan alat bantu (tool) dan koneksi (link) sehingga pengguna dapat bernavigasi, berinteraksi, berkarya dan berkomunikasi. Multimedia dimanfaatkan juga dalam dunia pendidikan dan bisnis. multimedia digunakan sebagai media profil perusahaan, profil produk, bahkan sebagai media kios informasi dan pelatihan dalam sistem e-learning.
            Peran Multimedia juga menjembatani dan menjangkau masyarakat yang sedikit sukar dalam penerimaan  terhadap bentuk penyampaian standard komputer kedalam bentuk yang lebih mudah dapat diterima dan mudah digunakan. Pada bagian ini dijelaskan penggunaan multimedia didalam lingkup rumah tangga, pendidikan, tempat umum dan lingkup usaha / bisnis.

2. 1.  Unit Masukan (Input Unit/Input Device)
Input Unit adalah peranti tempat untuk memasukkan data dan program yang akan diproses di dalam komputer multimedia. Fungsi input unit adalah:
-          Tempat untuk memasukkan data dan program yang akan diproses.
-          Menerjemahkan kode-kode yang dikenal oleh media input ke dalam kode-kode yang dikenal komputer multimedia (diubah menjadi binary digit/bit).
-          Mengirimkan data yang sudah berbentuk bit-bit ini ke dalam storage.
Untuk memasukkan data ke dalam komputer multimedia dilakukan dengan menggunakan sepuluh cara: melalui keyboard, alat penunjuk (point device), alat pembaca optis atau magnetis, alat pembaca suara, sistem vision-input, kamera digital, scanner, camcorder, snappy dan kamera web.

2.  Unit Keluaran (Output Unit/Output Device)
Output device adalah piranti tempat mengeluarkan hasil proses komputer multimedia. Fungsi dari Output Device:
-          Tempat keluarnya hasil proses.
-          Menerjemahkan bit-bit ke dalam kode yang dikenal media output.
Pada komputer multimedia, Unit Output dapat berbentuk tampilan, cetakan, grafik, suara, video, dan animasi.

3.  Alat Input dan Output
3.1. Terminal
Terminal merupakan alat yang dapat berfungsi sebagai alat input dan output. Terminal dapat dikelompokkan dalam dua fungsi, yaitu terminal yang berfungsi umum dan terminal yang berfungsi khusus. Terminal yang berfungsi umum antara lain Video Display Terminal (VDT), Dumb Terminal, X Terminal, dan Telephone. Sedangkan terminal yang berfungsi khusus antara lain Automatic Teller Machine (ATM) dan Point Of Sale (POS).
3.2. Alat Input dan Output Audio
Alat Input dan Output Audio terdiri dari Audio add-on card dan MIDIinterface. Audio add-on card adalah Audio card yang disisipkan pada motherboard PC atau Mac. Suatu sistem multimedia biasanya mengandung Audio add-on card yang menyediakan kemampuan input dan output. Audio add-on card juga dapat mengambil input analog, misalnya mikrofon dan kemudian dibuat digital serta dapat disimpan. Audio yang telah berbentuk digital dapat dimanipulasi, diedit dan digabungkan dengan aplikasi multimedia.

3.3. Alat Input dan Output Video
Alat input dan output video dapat berupa Video add-on card. Video capture card merupakan Video add-on card yang disisipkan pada motherboard PC dan Mac. Video add-on card juga dapat mengambil input analog, misalnya kamera video analog dan kemudian dibuat digital serta dapat disimpan. Video yang telah berbentuk digital dapat dimanipulasi, diedit dan digabungkan dengan aplikasi multimedia. Output dari video capture card ini dapat di pita, di CD dan DVD serta di web.

4.  Penyimpanan (Storage/Memory)
Storage atau memory dapat dibedakan menjadi 2 bagian, yaitu Internal Storage dan External Storage.
4.1. Penyimpanan Internal (Internal Storage/Primary Memory)
Internal Storage merupakan storage yang berhubungan langsung dengan Central Processing Unit (CPU). Internal Storage pada komputer pertama menggunakan magnetic core dan magnetic drum, merupakan potongan-potongan material logam kecil berbentuk donat seukuran kepala jarum dan mudah diberi magnet serta kawat-kawat yang membentang melalui core mengubah medan magnet dan menentukan status magnetiknya. Mulai tahun 1964, drum dan core digantikan dengan integrated circuit (chip).

4.2. Penyimpanan Eksternal (External Storage/External Memory)
External storage adalah storage yang tidak berhubungan langsung dengan CPU. External Storage dapat menyimpan data secara tetap. Misalnya suatu komputer mempunyai kemampuan untuk menyimpan data 32 MB dan dalam suatu file data materi multimedia memerlukan 100 MB penyimpanan data, maka hal ini diperlukan External Storage untuk mengatasinya.
Jenis External Storage yang utama adalah penyimpanan berurutan (sequential storage) dan penyimpanan akses langsung (random/direct storage). Teknologi External Storage terdiri dari Magnetic Disk, Magnetic Tape dan Optical Laser Disk.

5.  Central Processing Unit (CPU) Processor
CPU merupakan jantung komputer, karena CPU merupakan pusat kendali dari sistem komputer. CPU disebut juga dengan Prosessor (Processor).
CPU berfungsi untuk:
-          Memberikan Address Data dan Program.
-          Memasukkan dan Mengambil Data.
-          Memproses Data secara Arithmatic dan Logical.
-          Melaksanakan instruksi-instruksi secara berturut-turut.


5.1. Arithmetic and Logic Unit (ALU)
Arithmetic and Logic Unit (ALU) melaksanakan seluruh perhitungan (penambahan, pengurangan, perkalian, pembagian) dan operasi logika. Hasil dari operasi tersebut diletakkan dalam register yang disebut accumulator.
ALU berfungsi melakukan operasi arithmatic dan logic yang terbagi 4 kelas, yaitu decimal arithmetic, fixed point arithmetic, floating point arithmetic dan logic operation.

5.2. Control Unit (CU)
Control Unit merupakan bagian dari CPU, yang berfungsi sebagai:
-          membaca dan mengintepretasikan instruksi-instruksi program.
-          melangsungkan operasi komponen-komponen processor internal.
-          mengendalikan aliran program dan data ke dalam dan ke luar RAM.
5.3. Bus
Bus adalah jalur yang dilewati processor saat mengirim/menerima data dan perintah ke/dari primary storage dan secondary storage dan seluruh peralatan peripheral Input/Output.

5.4. Klasifikasi Processor
Kebanyakan komputer PC atau mainframe mempunyai rancangan prosessor CISC (Complex Instruction Set Computer). Bahasa mesin prosessor CISC memberikan variasi instruksi yang luas kepada programmer. CISC merefleksikan evolusi peningkatan bahasa mesin yang canggih. Sedangkan prosesor yang dirancang dengan sekelompok instruksi yang lebih kecil yang dapat meningkatkan kualitas output untuk aplikasi, khususnya melibatkan grafik akan mempunyai RISC (Reduced Instruction Set Computer).
Parallel Processing (Pengolahan Paralel) adalah konsep yang menggunakan lebih dari satu (multipel) prosesor dalam komputer yang sama. Dalam pengolahan paralel, satu prosesor utama memeriksa masalah pemrograman, dan seberapa besar porsinya, jika ada masalah dapat dipecahkan dalam potongan-potongan.

5.5. Motherboard
Motherboard merupakan board sirkuit utama dari mikrokomputer. Motherboard mengandung konektor untuk menempelkan board-board tambahan lainnya dan mengandung CPU, BIOS, memori, mass storage, interface, port serial dan parallel, slot ekspansi, dan semua konektor yang dibutuhkan untuk mengontrol peralatan periperal standar, misalnya monitor, keyboard, dan disk drive.
6.  Perangkat Keras Komunikasi
Perangkat keras komunikasi terdiri dari terminal, cluster control unit, modem, multiplexer, saluran, front end processor dan host





3.Elemen-elemen Multimedia
·         Teks
Hampir semua orang yang dapat menggunakan komputer sudah terbiasa dengan teks. Teks merupakan dasar dari pengelohan kata dan informasi yang berbasis multimedia. Dalam kenyataannya, multimedia menyajikan informasi kepada audiens dengan cepat, karena tidak diperlukan membaca secara rinci dan teliti.
·         Grafik
Secara umum. grafik berarti gambar atau garis (line drawing). Manusia sangat berorientasi pada visual (visual oriented), dan gambar merupakan sarana yang sangat baik untuk menyajikan informasi. Grafik merupakan komponen penting dalam multimedia.
·         Image
Secara umum image berarti gambar atau raster (halfone drawing), seperti foto. Basis data karyawan dengan atribut seperti nama, alamat dan lainnya lebih efektif bila foto karyawan yang bersangkutan dapat ditampilkan. Demikian juga foto‑foto seperti gedung dan lain – ­lain sangat memerlukan penyimpanan yang besar. Hal inilah yang menyebabkan aplikasi multimedia disimpan dalam penyimpanan yang cukup besar kapasitasnya seperti CD‑Room.
·         Animasi
Animasi berarti gerakan image atau video, contohnya gerakan orang yang melakukan suatu kegiatan. Konsep dari animasi adalah sulitnya menggambarkan
informasi dengan satu gambar saja, atau sekumpulan gambar, juga tidak dapat menggunakan teks untuk menerangkan informasi. Arsip animasi memerlukan penyimpanan yang j auh lebih besar dari pada satu gambar.
·         Suara
Suara dapat lebih memperjelas pengertian yang ditampilkan dalam teks dan video. Contohnya, narasi merupakan kelengkapan dari penjelasan yang dilihat melalui video. Suara dapat memberikan lebih menjelaskan karakteristik suatu gambar, misalnya musik dan suara efek (sound effect).
·         Interaktive Link
Sebagian dari multimedia adalah interaktif, dimana pengguna dapat menekan mouse atau objek pada screen seperti button atau teks dan menyebabkan program melakukan perintah tertentu.
Interaktif link dengan informasi yang dihubungkannya sering kali dihubungkan secara keseluruhan sebagai hypermedia. Secara spesifik, dalam hal ini termasuk hypertext (hotword), hypergraphics dan hypersoundmenjelaskan jenis informasi yang dihubungkan.
Interaktif link diperlukan jika pengguna, menunjuk pada suatu objek atau button agar dapat mengakses program tertentu. Interaktif link diperlukan untuk menggabungkan beberapa elemen multimedia sehingga menjadi informasi yang terpadu. Cara pengaksesan informasi pada multimedia terdapat dua macam yaitu linier dan non‑linier. Informasi linier adalah informasi yang ditampilkan secara sekuensial, yaitu dari atas ke bawah atau halaman demi halaman. Sedangkan pada informasi non‑linier informasi dapat ditampilkan langsung sesuai dengan kehendak pengguna.


4.Virtual reality (VR) atau realitas maya adalah teknologi yang membuat pengguna dapat berinteraksi dengan suatulingkungan yang disimulasikan oleh komputer (computer-simulated environment), suatu lingkungan sebenarnya yang ditiru atau benar-benar suatu lingkungan yang hanya ada dalam imaginasi. Lingkungan realitas maya terkini umumnya menyajikanpengalaman visual, yang ditampilkan pada sebuah layar komputer atau melalui sebuah penampil stereokopik, tetapi beberapa simulasi mengikutsertakan tambahan informasi hasil pengindraan, seperti suara melalui speaker atau headphone.

Defenisi Virtual reality(VR)
Virtual –
Memberikan pengalaman, tapi tidak secara nyata
– Reality –
Keadaan atau kualitas menjadi nyata. Sesuatu yang ada tanpa bergantung pada hal-hal yang berhubungan dengan nya. Sesuatu yang membentuk hal yang nyata / aktual
- Virtual Reality -
Program informasi “immersive” (atau area yang luas), multi-sensory, yang di-generate melalui komputer, yang men-track pengguna secara real time
Virtual reality (VR) atau realitas maya adalah teknologi yang membuat pengguna dapat berinteraksi dengan suatu lingkungan yang disimulasikan oleh komputer (computer-simulated environment), suatu lingkungan sebenarnya yang ditiru dari suatu lingkungan yang hanya ada dalam imaginasi.
Sebuah simulasi komputer realitas, menggunakan grafis 3D dan efek suara, dengan antarmuka pengguna seperti kacamata khusus dan sarung tangan, untuk menciptakan lingkungan manusia hidup untuk hiburan, eksperimentasi, dan pelatihan
Teknologi ini memungkinkan seseorang melakukan suatu simulasi terhadap suatu objek nyata dengan menggunakan komputer yang mampu membangkitkan suasana tiga dimensi sehingga membuat pemakai seolah-olah terlibat secara fisik.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar