Selasa, 02 Januari 2018

Pengertian Teknologi , 3 Aspek Dasar Sistem computer dan Peranan Teknologi Informasi.



Pengertian Teknologi.

      Teknologi adalah Sebuah mesin Yang digunakan untuk mempermudah Pekerjaan manusia,Sebagai pondasi ilmu pengetahuan pemikiran wawasan yang luas dan Berhubungan dengan suatu jaringan yang paling complete/praktis untuk memproses pencapaian kebutuhan manusia sehari-hari.

Jelaskan 3 Aspek Dasar Sistem computer.
1. Hardware adalah semua bagian peralatan fisik yang ikut membentuk sistem komputer, termasuk  peralatan tambahan lainnya yang memungkinkan komputer bekerja sebagaimana mestinya.

2. Software yaitu semua bagian yang ikut membentuk sistem komputer di luar peralatan fisiknya. Fasilitas inti software mencakup sistem desain, program komputer, prosedur-prosedur, dan standar-standar yang diberlakukan. Dengan demikian software dapat kita bagi menjadi dua kategori yaitu:
·         Software Program (Contoh: Dokumentasi)
·         Software non Program (Contoh: Dokumentasi Sistem / Program)
3. Brainware adalah tenaga pelaksana di dalam suatu sistem pengolahan data berbasis komputer. Brainware dapat kita bagi menjadi empat kategori yaitu:
·         Sistem Analis adalah orang yang bertanggung jawab di dalam membangun atau mengembangkan fasilitas komputer.
·         Programmer adalah orang yang bertanggung jawab di dalam menyusun intruksi-intruksi computer.
·         Computer Operator adalah orang yang bertanggung jawab dalam operasi pengolah datasehari-hari. Merekalah yang menjalankan aplikasi-aplikasi komputer perusahaan, seperti aplikasi keuangan, aplikasi kepegawaian, dll.
·         Data Entry Operator adalah orang yang bertanggung jawab dalam menangani data. Mulai dari mengumpulkan, memeriksa, menyiapkan, sampai memeriksa hasil-hasil pengolahan data dan mendistribusikannya.


Peranan Teknologi Informasi.

1.Fungsi Operasional akan membuat struktur organisasi menjadi lebih ramping telah diambil alih fungsinya oleh teknologi informasi Karena sifat penggunaannya yang menyebar di seluruh fungsi organisasi, unit terkait dengan manajemen teknologi informasi akan menjalankan fungsinya sebagai supporting agency dimana teknologi informasi dianggap sebagai sebuah firm infrastructure.
2.Fungsi Monitoring and Control mengandung arti bahwa keberadaan teknologi
informasi akan menjadi bagian yang tidak terpisahkan dengan aktivitas di level manajerial embedded di dalam setiap fungsi manajer, sehingga struktur organisasi unit terkait dengannya harus dapat memiliki span of control atau peer relationship yang memungkinkan terjadinya interaksi efektif dengan para manajer di perusahaan terkait.
3.Fungsi Planning and Decision mengangkat teknologi informasi ke tataran peran yang lebih strategis lagi karena keberadaannya sebagai enabler dari rencana bisnis perusahaan dan merupakan sebuah knowledge generator bagi para pimpinan perusahaan yang dihadapkan pada realitas untuk mengambil sejumlah keputusan penting sehari-harinya. Tidak jarang perusahaan yang pada akhirnya memilih menempatkan unit teknologi informasi sebagai bagian dari fungsi perencanaan dan/atau pengembangan korporat karena fungsi strategis tersebut di atas.
4.Fungsi Communication secara prinsip termasuk ke dalam firm infrastructure dalam era organisasi moderen dimana teknologi informasi ditempatkan posisinya sebagai sarana atau media individu perusahaan dalam berkomunikasi, berkolaborasi, berkooperasi, dan berinteraksi.
5.Fungsi Interorganisational merupakan sebuah peranan yang cukup unik karena dipicu oleh  semangat globalisasi yang memaksa perusahaan untuk melakukan kolaborasi atau menjalin kemitraan dengan sejumlah perusahaan lain. Konsep kemitraan strategis atau partnerships berbasis teknologi informasi seperti pada implementasi Supply Chain Management atau Enterprise Resource Planning membuat perusahaan melakukan sejumlah terobosan penting dalam mendesain struktur organisasi unit teknologi informasinya. Bahkan tidak jarang ditemui perusahaan yang cenderung melakukan kegiatan pengalihdayaan atau outsourcing sejumlah proses bisnis terkait dengan manajemen teknologi informasinya ke pihak lain demi kelancaran bisnisnya. Tipe dan fungsi peranan teknologi informasi ini secara langsung akan berpengaruh terhadap rancangan atau desain struktur organisasi perusahaan; dan struktur organisasi departemen, divisi, atau unit terkait dengan system informasi, teknologi informasi, dan manajemen informasi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar