1.Hubungan antara proses Bisnis dgn Teknology information maupun komunikasi Yakni :
- Proses Bisnis sangatlah membutuhkan teknologi infomasi dan komunikasi dikarenakan teknologi informasi tdak dapat di remehkan lagi,
proses Globalisasi yg terus brjalan begitu cepat sehingga mempengaruhi cara berpikir maupun berprilaku
di dlm persaingan di dunia Bisnis dan organisasi . Proses Bisnis Bertumbuh kembang secara pesat
dikarenkan Teknolgy paling baru sangat berpengaruh kemajuan organisasi dalam perusahaan.
2. Dampak teknolgy Information dlm proses Bisnis Merupakan kemajuan teknologi informasi yg sudah pesat menyebabkan
perubahan dalam kebiasaan atau habit yg baru pada bidang proses bisnis.sperti memanfaatkan E-Commerce sebagai
Media perdagangan yg menggunakan media internet yg saat ini tidak sulit untuk di jangkau oleh semua kalangan.
- Dampak Positif
" memudahkan jalannya proses bisnis sehingga mudah terjangkau.
" memudahkan untuk mekomunikasikan keperluan perusahaan.
" memudahkan Akses melalui internet.
" mudahnya bertransaksi.
- Dampak negatif
" Karyawan perusahaan semakin berkurang karena sudah ada nya teknologi informasi terbaru.
" tidak sejahtera bagi karyawan maupun masyarakat tingkat ke bawah dan banyak penipuan dalam dunia maya.
" Dunia kiamat cepat atau lambat dikarenakan teknologi kecerdasan buatan maupun Bencana alam di kerenakan tetap ulah manusia.
3. 3 tahap Besar BPR (Business Process Reengineering) Yakni :
1. rethinks - berpikir kembali untuk tercapai tujuan sesaui visi & misi perusahaan apakah berjalan dengan baik dan merencanakan peningkatan kekurangan yg ada di perusahaan.
2. redesainer- menganalisa kembali secara Desain/grafik agar lebih memudahkan bagi Organisasi yang ada di dalam perusahaan.
3. retools - Merevolusasikan Systems Berskala besar untuk kebutuhan perusahaan, Sperti sistem informasi, sistem perangkat lunak maupun perangkat keras dan kebutuhan sumber daya perusahaan secara menyeluruh.
A. Persiapan
- Memobilisasi dan Mengorganisir SDM yg Akan melakukan Reengineering.
B. Identifikasi
- Mengembangkan dan memahami model proses dari bisnis.
C. Penyusun Visi & Misi
- Membangun Visi & misi dan tujuan dari kinerja yang dihasilkan.
D. Desain Teknis
- Menghasilkan sebuah rancangan Proses yg mampu mengakselerasikan pencapain Visi dari Perusahaan.
E. Desain Sosial
- Menspesifikasikan Dimensi Sosial dari Proses yang baru.
F. Transformasi
- Mengimplementasikan Desain Proses Yg dihasilkan di tahap 4(4A dan 4B).
G. Inovasi
- Memiliki gagasan-gagasan Yang baru menciptakan sebuah hal baru.
4. Strategi penggunaan Teknolgi informasi dlm proses Bisnis :
Kita harus melakukan strategi dan perencanaan untuk meningkatkan kenerja,presentasi dan laba perusahaan.
1. Strategi kepemimpinan ,dlm biaya penggunaan Teknologi Informasi(TI) untuk mengurangi secara mendasar
Biaya proses Bisnis; Penggunaan TI untuk menurunkan biaya pelanggan dan pemasok.
2. Strategi Diferensiasi , Mengembangkan brbagai fitur TI baru untuk melakukan diferensiasi produk dan jasa;
Menggunakan brbagai fitur/versi TI untuk mengurangi keunggulan diferensiasi para pesaing & memfokuskan
diri pada ceruk pasar yg dipilih.
3. Strategi inovasi, Membuat produk dan jasa baru yg memasukan berbagai komponent Teknologi informasi(TI);
Mengembangkan pasar baru/ceruk pasar yg unik dgn bantuan TI ; perubahan radikal atas proses dgn TI
secara dramatis akan memangkas biaya, meningkatkan kualitas,efisensi,layananan pelanggan atau mempersingkat waktu pasar.
5 Cara Implementasi Proses Bisnis sistem informasi Yakni :
Melakukan Improvement terhadap proses Bisnis, mengetahui aktivitas kegiatan sebagai pemimpin atau pun organisasi,
Bekerja sesuai SOP( Standart Operasional Prosedur), Perbaruhan/maintenance secara otomatis penggunaan TI(teknolgi informasi),
Proses Ordering otomatis Via website,pembayaran Via internet/Mobile banking yg langsung terkoneksi
oleh perusahaan sehingga tidak terjadi penipuan maupun pencurian.
6. analisa rantai Nilai(value chain analysis) dari michael porter :
Pada tahun 1985 dalam bukunya yg terkenal, competitive advantage: Creating and Sustaining superior performance,
Yang mengatakan Bahwa: Setiap firma Adalah serangkaian dari aktivitas yg di lakukan untuk mendisain,
memproduksi,memasarkan,mengirimkan dan mendukung produk2nya atau layanan-layananannya.semua aktivitas
ini dapat direpresentasikan menggunakan suatu rantai nilai (value Chain). Value chains hanya dapat
dipahami dalam konteks unit bisnis.
Blog ini Tentang Sistem Informasi mengetahuan Perkembangan Sistem yang ada, Terhubung dengan Teknik Informasi , Komunikasi ,Jaringan ,Perangkat,Aplikasi, Website, Akuntansi , Program , Management dan Organisasi. Sebagai Bahan Pembelajaran atau jawaban untuk Pengetahuan Wawasan Yang Luas dan sebagai Seorang Yang Berintelektual. Marilah Membaca Walaupun Sedikit demi Sedikit agar kita Mudah Ditempatkan Kerja Dimana Saja. Lakukan Tindakan Untuk membaca.
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar