1². Tentang Bahasa Pemrograman yang ada sampai saat ini ;
Artikel utama: generasi keempat bahasa pemrograman dan kelima-generasi bahasa pemrograman
Awalnya, bahasa pemrograman semua pada tingkat yang lebih tinggi dari perakitan yang disebut “generasi ketiga”, tetapi kemudian,
istilah “generasi keempat” diperkenalkan untuk mencoba membedakan (kemudian) bahasa deklaratif baru (seperti Prolog dan domain- spesifik bahasa)
yang diklaim beroperasi pada tingkat yang lebih tinggi,
dan dalam domain bahkan lebih dekat ke pengguna (misalnya pada tingkat bahasa alami) daripada asli,
bahasa tingkat tinggi seperti imperatif Pascal , C , Algol , Fortran , BASIC , dan lain-lain
“Generasi” klasifikasi bahasa tingkat tinggi (generasi ke-3 dan kemudian) tidak pernah sepenuhnya tepat dan kemudian mungkin ditinggalkan,
dengan klasifikasi yang lebih tepat mendapatkan penggunaan umum, seperti object-oriented , deklaratif dan fungsional.
C memunculkan C + + dan kemudian Java dan C # , Lisp untuk CLOS , Ada ke Ada 2.012 , dan bahkan COBOL untuk COBOL2002 ,
dan bahasa baru telah muncul dalam “generasi” juga. Tentang Program Generasi akan Digabung mencadi satu sehinggga complete.
dan program di masa yg medatang menciptakan sebuah user masing masih kepribadian seperti kecerdasan Buatan atau Otak Computer.
2².
Generasi ke-1: machine language.
bahasa mesin atau level instruksi dan data yang memerintahkan hardware komputer agar dapat bekerja
dengan menggunakan kode-kode biner (binary digit) terdiri dari angka 0 dan angka 1.
Generasi ke-2: assembly language: Assembler.
bahasa pemrograman assembler atau bahasa assembly yang sudah mengubah pernyataan dengan memasukkan unsur bahasa
dalam instruksinya meskipun singkat sehingga lebih mudah dibanding bahasa mesin.
Generasi ke-3: high level programming language, contoh: C dan Pascal.
bahasa pemrograman tingkat tinggi dengan memasukkan unsur kata yang dapat dimengerti
karena pemrosesan program oleh komputer
.
Generasi ke-4: 4 GL (fourth-generation language), contoh: SQL.
bahasa pemrograman yang telah didesain lebih “natural”,sehingga makin mudah digunakan karena
sudah mendekati bahasa percakapan sehari-hari dan sudah dapat untuk mengakses database. Contoh : LIST NAMA, ALAMAT, NILAI FOR NILAI > 7
Generasi ke-5: Programming Language Based Object Oriented & Web Development
bahasa pemrograman yang menggunakan interface pengembangan visual atau grafik untuk membuat
bahasa sumbernya yang biasanya di-compile dengan compiler 3GL atau 4GL yang sudah berorientasi pada
objek oriented (Pemrograman Berbasis Objek).
Contoh:Pembuatan tampilan Web dengan PHP yang berisikan HTML(HyperText Markup Language)dan program lainnya.
3². A. Perangkat lunak aplikasi (software application)
Perangkat lunak aplikasi (software application) merupakan suatu subkelas perangkat lunak komputer yang memanfaatkan kemampuan komputer
langsung untuk melaksanakan sebuah tugas yang di instruksikan pengguna.
Contoh umum perangkat lunak aplikasi ialah pengolah kata seperti Microsoft Office dan OpenOffice.
org serta pemutar media seperti Windows Media Player, Winamp dan GOM Player.
B. Sistem operasi (operating system)
Sistem Operasi (Operating System) adalah perangkat lunak komputer (software) yang bertugas untuk melakukan kontrol
dan manajemen perangkat keras dan juga operasi-operasi dasar sistem, termasuk menjalankan perangkat lunak lain
seperti program-program pengolah kata yang bisa digunakan untuk mempermudah kegiatan manusia.
Sistem operasi adalah jenis yang paling penting dari perangkat lunak sistem dalam sistem komputer.
Tanpa sistem operasi, pengguna tidak bisa menjalankan / menggunkan perangkat lunak lain pada komputer
mereka (kecuali program booting).
Contoh sistem operasi modern adalah Windows, Linux, iOS, Android dan Mac OS X.
4². tentang kategori perangkat lunak yakni;
Sebuah Komputer yang Di dalam nya Memiliki Perangkat Lunak untuk Memudahkan pekerjaan Manusia dan Memiliki Sistem masing-masing Bertugas sebagai fungsi
kerja Komputer atau software secara embedded Systems, memiliki Program untuk menjalanin perintah sistem perangkat yg biasa nya di golongkan
oleh algoritma sebagai ruang lingkup aplikasi dan webapps dapat berupa kumpulan file hypertext yang menampilkan informasi menggunakan teks
dan grafik yang terbatas. Namun semisal e-commerce dan aplikasi B2B, WebApps berkembang kedalam
lingkungan komputer yang kompleks yang tidak hanya mengembangkan features standalone program,
fungsi perhitungan kompleks, dan isi kepada penggunannya, tetapi juga terintegrasi dengan database
perusahaan dan aplikasi bisnis.
Dirancang untuk menyediakan kemampuan spesifik bagi pengguna yang beragam.
Product-linse Software dapat fokus kepada target pasar tertentu dan terbatas (contohnya aplikasi pengaturan inventori)
atau kepada target pasar acak (contoh word processing, computer graphic, multimedia, entertainment,
database management, personal and business financial applications).
5². peran perangkat lunak dalam Organisasi.
1) Mendukung kegiatan-kegiatan usaha/operasional,
2) Mendukung pengambilan keputusan manajemen dan
3) Mendukung persaingan keuntungan strategis.
Peran Pemeliharaan Perangkat Lunak..
Pemeliharaan Perangkat Lunak merupakan proses umum pengubahan atau pengembangan perangkat lunak setelah diserahkan ke pengguna.
Perubahan dapat berupa perubahan sederhana untuk membetulkan error coding atau perubahan yg lebih ekstensif
untuk membetulkan error perancangan/perbaikan yang signifikan.
Pemeliharaan perangkat lunak dibagi ke dalam empat kategori pemeliharaan, antara lain:
1. Corrective Maintenance, perubahan yang dilakukan guna memperbaiki kesalahan perangkat lunak. Corrective maintenance meliputi
perubahan atau pembetulan yang disebabkan adanya masalah (“bug”) yang timbul selama penggunaan program perangkat lunak.
Error yang ditemukan oleh user dilaporkan kemudian corrective maintenance dilakukan oleh pembuat perangkat lunak.
Perbaikan yang dilakukan dapat berupa solusi temporer atau permanen.
2. Adaptive Maintenance, perawatan berdasarkan perubahan lingkungan. Teknologi terus berkembang pesat melalui kemunculan teknologi hardware baru
dan pengembangan perangkat lunak. Adaptive maintenance berguna untuk mengatasi hal tersebut.
Perubahan dalam kecepatan prosesor, misalnya, akan mempengaruhi bagaimana perangkat lunak berjalan pada sebuah komputer.
Sebuah perangkat lunak berinteraksi dengan program perangkat lunak lain pada komputer atau jaringan,
yang berarti perubahan dalam satu program dapat memerlukan perubahan dalam program lain.
Seorang user mengoperasikan perangkat lunak baru ke komputer atau jaringan, yang juga dapat mempengaruhi bagaimana perangkat lunak lain
yang telah beroperasi.
3. Perfective Maintenance, perubahan untuk meningkatkan kualitas sistem tanpa merubah fungsinya.
Perfective maintenance melibatkan programmer untuk meningkatkan kualitas program perangkat lunak agar lebih efektif dan efisien.
Misalnya meningkatkan atau mengoptimalkan kecepatan proses aplikasi atau memperbaiki tata letak menu aplikasi agar lebih user friendly.
Terkadang programmer perlu melakukan pervective maintenance dalam rangka penyesuaian terhadap kebijakan baru pemerintah.
4. Preventive Maintenance, Meningkatkan reliability, future maintainability, future enhancement (reverse engineering dan re-engineering).
Preventive maintenance berfiungsi untuk mencegah suatu permasalahan yang mungkin dapat terjadi.
Blog ini Tentang Sistem Informasi mengetahuan Perkembangan Sistem yang ada, Terhubung dengan Teknik Informasi , Komunikasi ,Jaringan ,Perangkat,Aplikasi, Website, Akuntansi , Program , Management dan Organisasi. Sebagai Bahan Pembelajaran atau jawaban untuk Pengetahuan Wawasan Yang Luas dan sebagai Seorang Yang Berintelektual. Marilah Membaca Walaupun Sedikit demi Sedikit agar kita Mudah Ditempatkan Kerja Dimana Saja. Lakukan Tindakan Untuk membaca.
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar